Inflasi 2017 Tertinggi Selama Era Jokowi, Ekonom Nilai Masih Wajar

Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati - Rizky Alika
4 Januari 2018, 12:07
Pasar Inflasi
Arief Kamaludin | KATADATA
Pedagang sayur mayur di Kawasan Pasar Rumput, Jakarta, Rabu, (21/01).

Inflasi 2017 yang sebesar 3,61% tercatat sebagai inflasi tertinggi selama tiga tahun era pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla. Meski begitu, Ekonom menilai level tersebut wajar dan mengapresiasi langkah pengendalian yang dilakukan pemerintah.

Ekonom Universitas Indonesia (UI) Lana Soelistianingsih mengatakan, inflasi 2017 jauh dari rata-rata inflasi selama sepuluh tahun terakhir. “Inflasi ini masih dianggap moderat. Wajar 3,61%. Pemerintah cukup all out,” kata Lana (3/1). (Baca juga: Akibat Tarif Listrik, Inflasi 2017 Tertinggi dalam 3 Tahun Masa Jokowi)

Untuk menjaga inflasi, Lana menjelaskan pemerintah harus melihat dua sisi, yaitu permintaan dan pasokan barang. Dari sisi permintaan, inflasi inti (core inflation) yang rendah mencerminkan permintaan yang mengalami penurunan alias daya beli yang melemah. Sedangkan dari sisi pasokan barang, pasokan harus disesuaikan dengan permintaan masyarakat, agar harga jual terkendali.

Senada dengan Lana, Ekonom Bank Permata Josua Pardede menjelaskan inflasi 2017 terkendali, lantaran berada dalam kisaran target pemerintah yaitu 3-5%. Ia menjelaskan, terkendalinya inflasi disebabkan oleh terjaganya pasokan pangan. Hal itu seiring dengan koordinasi kebijakan yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dengan Bank Indonesia (BI).

Tahun ini, Josua memprediksi inflasi bakal tetap berada pada level yang terkendali dan stabil rentang target yang semakin kecil yaitu 2,5-4,5%. Penguatan koordinasi antara pemerintah dan BI terkait pengendalian harga pangan diyakini menjadi faktor utama stabilnya inflasi.

Namun demikian, ia menyebut masih ada risiko kenaikan inflasi lantaran adanya kemungkinan kenaikan harga yang diatur pemerintah (administered prices) seperti harga bahan bakar minyak (BBM). Hal tersebut sejalan dengan tren kenaikan harga minyak dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...