Laba Taspen Tumbuh 192% Tahun Lalu

Image title
12 Februari 2018, 20:34
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Taspen (Persero) membukukan laba bersih sebesar Rp 721,73 miliar sepanjang tahun lalu. Laba ini tumbuh 192 persen dibanding capaian pada 2016. Laba tersebut dicapai salah satunya karena Taspen berhasil menekan beban usaha dari Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang diperkirakan sebesar Rp 1,5 triliun menjadi Rp 1,3 triliun.

Selain itu, pencapaian laba anak perusahaan yang melampaui target ikut mendongkrak kinerja Taspen di tahun 2017. Seperti hasil investasi atas perolehan laba Bank Mantap yang melampaui 498 persen dari target, laba Taspen Property Indonesia yang melampaui 27 persen dari target, dan laba Taspen Life yang melampaui 5 persen dari target.

"Itu Rp 160 miliar, Bank Mantap. Taspro (Taspen Property Indonesia) Rp 12 miliar. Taspen life Rp 65 miliar. Apa yang kami tanam mulai memberi hasil. Itu kebahagiaan kami hari ini," ujar Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro di Gedung Taspen, Senin (12/2).

(Baca: Uang Pensiun PNS Bakal Dihitung Berdasarkan Masa Kerja dan Iuran)

Peningkatan kinerja Taspen dibandingkan dengan tahun 2016 juga dipengaruhi oleh perubahan fee pengelolaan dana investasi yang berasal dari akumulasi iuran pensiun, dari 5 persen menjadi 6,7 persen. Aset Taspen juga tercatat sebesar Rp 230,38 triliun atau tumbuh 16 persen. Iqbal menjelaskan  pertunbuhan aset tersebut ditopang oleh pertumbuhan aset investasi sebesar 25 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...