Bagi Porsi Saham Rampung, Bandara Kertajati Bakal Operasi Mei 2018

Dimas Jarot Bayu
20 Februari 2018, 20:29
Kertajati
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Perhubungan Budi Karya dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, 24 Februari 2017.

PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menargetkan bandara bakal beroperasi mulai Mei 2018. Pembangunan bandara akan dikebut setelah tercapai kesepakatan pembagian porsi saham antara  PT Angkasa Pura II (Persero) (APII), pemerintah provinsi Jawa Barat dan pihak lainnya. 

Kerja sama operasi (KSO) diantaranya menyepakati porsi saham kepada Angkasa Pura II  sebesar 20%. Nilai tersebut didapatkan dari total investasi pembiayaan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat senilai Rp 2,6 triliun.

"Penyertaan modal dari AP II tadi disepakati 20%," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (20/2).

Menurut Aher, penyertaan modal dari APII akan mulai dicairkan pada akhir Maret 2018. Nantinya, penyertaaan modal dari APII akan digunakan untuk penyelesaian perpanjangan lintasan udara (runway) sepanjang 500 meter.

Saat ini, runway yang telah terbangun untuk BIJB Kertajati sepanjang 2500 meter. Pembangunan tersebut memakan dana hingga Rp 875 miliar.

(Baca juga: Porsi Saham 20-25%, APII Akan Jadi Operator Bandara Kertajati 17 Tahun)

Adapun, penyelesaian pembangunan runway sepanjang 500 meter diperkirakan memakan biaya sebesar Rp 350 miliar. Runway diperkirakan selesai dibangun dalam 4 bulan.

"Tadi dibahas penyelesaian runway yang kurang 500 meter insya Allah akan segera dibangun oleh APII," kata Aher.

Sementara itu, Aher menyebut Pemprov Jabar akan mendapatkan porsi saham BIJB Kertajati sebesar 60%. Hal ini dikarenakan Pemprov Jabar telah menyerahkan lahan untuk BIJB Kertajati hingga lebih dari 1.000 hektar dengan nilai Rp 1,2 triliun.

Kemudian, Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) mendapatkan porsi saham sebesar 18%. "Lalu sisa 2% oleh Koperasi PNS Jabar dan PT Jasa Sarana," kata Aher.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...