RI Hadapi Ancaman Krisis, Wapres Minta Masyarakat Jihad Ekonomi

Ameidyo Daud Nasution
18 Agustus 2022, 17:06
wapres, ekonomi, krisis
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) memberikan keterangan pers usai mengikuti peringatan Hari Konstitusi dan Hari Ulang Tahun ke-77 MPR di Plaza Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dunia saat ini tengah menghadapi krisis ekonomi. Oleh sebab itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat melakukan jihad ekonomi untuk menghadapi krisis.

Ma'ruf menyampaikan hal tersebut usai hadir dalam Acara Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-77 MPR RI. Ma'ruf mengatakan tantangan RI hari ini adalah krisis energi hingga pangan.

"Oleh karena itu kita harus siap," kata Ma'ruf di Gedung Nusantara IV, Jakarta, Kamis (18/8) dikutip dari Antara.

Wapres mengatakan ada dua hal yang menjadi target pembenahan ekonomi yakni pertumbuhan dan pemerataan. Dalam mencapai sasaran tersebut, pemerintah meminta masyarakat tak mementingkan ego pribadi atau kelompoknya.

"Kita bisa survive dalam menghadapi tantangan ekonomi kalau menyatu seluruhnya," ujarnya.

Ma'ruf mengatakan Pasal 33 UUD 1945 mengamanatkan pembangunan tak bertentangan dengan pemerataan. "Jalan lurus berdasarkan ruh konstitusi ini merupakan jihad ekonomi bangsa," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...