Kajian Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Diserahkan ke Jokowi Bulan Ini

Ameidyo Daud Nasution
14 Maret 2018, 15:40
No image
Suasana ekspo Jaringan Kereta Cepat Negara Tiongkok di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Pameran menampilkan beragam jenis kereta cepat dan pembangunan stasiun kereta yang telah dipergunakan di negara Tiongkok

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan hasil prastudi kelayakan proyek kereta Jakarta-Surabaya akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo akhir bulan ini. Kajian tersebut dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Budi mengatakan dalam pekan ini akan segera menggelar rapat bersama dua institusi tersebut untuk mematangkan hasil kajiannya. Ini dilakukan agar hasil kajiannya segera rampung dan dapat diserahkan kepada Presiden sesuai target dalam waktu jangka dua pekan ini.

"Diserahkan akhir bulan ini," kata dia di Jakarta, Rabu (14/3). Meski begitu, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) tersebut belum menjelaskan apa hasil prastudi kelayakan proyek itu. 

(Baca: Hanya Perusahaan Lokal dan Jepang yang Ikut Tender Kereta Surabaya)

Akhir tahun lalu Budi sempat menyatakan pihaknya membuka peluang bagi pihak ketiga mengevaluasi hasil prastudi kelayakan proyek ini. Hal tersebut dimungkinkan bila hasil kajian yang dilakukan JICA terdapat perbedaan dengan hasil kajian BPPT.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...