BUMN Semen Manfaatkan Limbah PLN dan Pupuk untuk Produksi

Image title
15 Maret 2018, 15:06
Pabrik semen
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Pabrik semen

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan sinergi usaha. Kali ini produsen semen pelat merah akan memanfaatkan limbah produksi dari BUMN listrik dan pupuk.

Hari ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk meneken nota kesepahaman atau MoU dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tbk dan PT Pupuk Indonesia (Persero). Nantinya, limbah hasil pembuangan PLN dan Pupuk Indonesia akan ditampung untuk bahan baku pabrik semen.

Kedua perusahaan semen ini akan memanfaatkan abu limbah yang dihasilkan dari pembakaran batu bara (fly ash, bottom ash/FABA) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PLN. Limbah gipsum yang dihasilkan Pupuk Indonesia pun akan dimanfaatkan juga untuk peningkatan produk semen dan turunnya.

(Baca: Pemerintah Gandeng 4 Negara Ubah Sampah Jadi Listrik dan Aspal)

"Harapan kami, BUMN mampu untuk mendukung program pemerintah guna mempercepat laju pertumbuhan infrastruktur nasional secara Iebih efektif dan efisien," ujar Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (15/3).

Selama ini FABA dikenal sebagai limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) yang dihasilkan dari konsumsi batu bara. Namun, sebenarnya FABA dapat menggantikan sepertiga bagian dari semen jenis portland dengan peningkatan kualitas dan ketahanan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...