Bank Mandiri Terbitkan Kartu Kredit Korporasi untuk Kemenhub

Image title
19 Maret 2018, 17:56
Kartu Kredit
Donang Wahyu|KATADATA
Kartu Kredit

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menerbitkan kartu kredit korporasi (corporate card) untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Penerbitan ini ditandai dengan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara Bank Mandiri dan Kemenhub.

Selain itu, kartu kredit ini merupakan tindak lanjut atas Keputusan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu tanggal 29 September tahun lalu, mengenai Pelaksanaan Uji Coba Pembayaran dengan Kartu Kredit dalam Rangka Penggunaan Uang Persediaan.

(Baca: Ekonom Peringatkan Risiko Penggunaan Kartu Kredit Buat Belanja Negara)

"Penandatanganan perjanjian (Bank Mandiri dengan Kemenhub) ini sudah dirancang lama, bahkan sebelum adanya acara penandatangan PKS antara Kementerian Keuangan dengan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara)," ujar Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo di kantornya, Jakarta, Senin (19/3).

Melalui kerjasama ini, satuan kerja Kemenhub dapat menggunakan kartu Mandiri Corporate Card sebagai alat pembayaran yang berkaitan dengan kebutuhannya. Kebutuhan ini salah satunya untuk perjalanan dinas.

Namun, Kemenhub masih dibatasi dalam menggunakan kartu kredit tersebut, karena belum ada dasar hukumnya. Kementerian Keuangan belum mengatur teknis pelaksanaan corporate card antara bank BUMN dengan kementerian dan lembaga (K/L).

(Baca juga: Jaga Uang Negara, Pemerintah Pakai Kartu Kredit untuk Belanja)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...