Kemenhub Tawarkan Proyek Kereta Makassar-Parepare kepada Swasta

Ameidyo Daud Nasution
22 Maret 2018, 17:02
Proyek Kereta Bandara
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Kementerian Perhubungan menawarkan proyek kereta api Makassar - Parepare kepada investor swasta. Nantinya swasta dapat berinvestasi menggarap proyek tersebut melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan saat ini sudah sepanjang 44 kilometer rel kereta tersebut dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan sisa 111 kilometer akan dibangun dengan menggandeng swasta.

Advertisement

Skema yang ditawarkan pemerintah kepada swasta dalam proyek ini adalah availability payment. Dengan skema ini, swasta mengeluarkan modal untuk membangun proyek secara utuh. Setelah rampung dan bisa beroperasi, pemerintah membayar biaya pembangunan konstruksi tersebut dengan cara mencicil sesuai waktu perjanjian.

(Baca: Swasta Rencana Diajak Terlibat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya)

 Zulfikri mengestimasi kebutuhan investasi untuk membangun rel kereta Sulawesi sepanjang 111 kilometer tersebut Rp 5 hingga 6 triliun. Dia menyatakan saat masa penawaran awal (market sounding) sudah terlihat banyak swasta yang berminat di proyek kereta ini.

"Kami harap Oktober nanti sudah bisa dilakukan lelang operator pelaksananya,"  kata Zulfikri dalam acara Konferensi Kereta Indonesia, di JI Expo, Jakarta, Kamis (22/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement