Menteri BUMN Targetkan Smelter Inalum di Mempawah Berproduksi 2020

Safrezi Fitra
5 April 2018, 18:09
Rini Soemarno
Arief Kamaludin|Katadata
Menteri BUMN Rini Soemarno

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan proyek smelter grade alumina (SGA) di Mempawah, Kalimantan Barat bisa berproduksi pada 2020. Pabrik pengolahan bijih bauksit menjadi alumina ini akan memiliki kapasitas produksi hingga 1 juta ton per tahun.

Pembangunan smelter ini merupakan kerja sama holding BUMN tambang PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dengan perusahaan Tiongkok, China Aluminium Company (Chinalco). Dalam kunjungan kerjanya ke Tiongkok, Rini juga menemui Chairman Aluminium Corporation of China Ltd (Chinalco), Ge Honglin di Beijing, untuk membicarakan kerja sama ini.

Untuk mendukung terealisasinya target tersebut, Inalum, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, dan Chinalco akan membentuk perusahaan patungan (joint venture). Rini berharap pembangunan proyek smelter ini akan meningkatkan nilai tambah produk tambang bauksit yang dihasilkan di dalam negeri. Kerja sama kedua perusahaan ini diharapkan juga bisa meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

(Baca: Kementerian ESDM Targetkan Groundbreaking Smelter Freeport Awal 2019)

"Diharapkan potensi kerja sama dengan berbagai mitra global dapat mengakselerasi hilirisasi produk tambang serta dapat meningkatkan kapabilitas SDM Indonesia untuk membangun smelter alumina dalam jangka waktu yang singkat," kata Rini dalam keterangan resminya, Kamis (5/4).

Rini mengatakan Chinalco juga bersedia memberikan akses pasar internasional untuk 500.000 ton alumina per tahun hasil produksi smelter tersebut. Chinalco tercatat merupakan produsen alumina ketiga terbesar dunia dan menyumbang 60 persen produk alumunium dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...