Dua Penyebab Berkurangnya Premium di Sejumlah Wilayah

Anggita Rezki Amelia
10 April 2018, 10:34
SPBU KATADATA | Arief Kamaludin
SPBU KATADATA | Arief Kamaludin
SPBU KATADATA | Arief Kamaludin

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membenarkan telah terjadi kekurangan premium di beberapa daerah terutama di Sumatera. Hal ini yang membuat masyarakat setempat kesulitan mendapatkan jenis bensin bersubsidi tersebut di sejumlah SPBU.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan beberapa titik yang mengalami penurunan  premium di antaranya Riau dan Sumatera Barat. Ia mengetahuinya setelah melakukan kunjungan ke daerah tersebut. (Baca: Arahan Jokowi, Pertamina Wajib Pasok Premium di Jawa, Madura, Bali).

Namun, Arcandra membantah kekurangan pasokan premium di sejumlah daerah lantaran kuota bahan bakar minyak itu dikurangi. “Kurang pasokan disebabkan karena premium tidak mengalir ke sana,” kata Arcandra di Jakarta, Senin (9/4). “Ada beberapa wilayah, yang pasti datanya di BPH Migas.”

Faktor kedua berkurangnya premium di sejumlah daerah, Arcandra melanjutkan, dipicu oleh migrasi konsumsi Premium ke Pertalite. Dengan sendirinya, stok premium di pompa bensin menurun sesuai order dari stasiun pengisian bahan bakar minyak dan umum (SPBU) ke Pertamina.

Untuk itu, pemerintah meminta Pertamina untuk menyediakan Premium di seluruh wilayah. Sebagai payung hukumnya, pemerintah sedang merevisi Peraturan Presiden (Perpers) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Harga Bahan BBM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...