Dua Rangkaian LRT Produksi INKA Tiba di Palembang

Ameidyo Daud Nasution
12 April 2018, 16:01
LRT Palembang buatan INKA
INKA
INKA telah mengirimkan 4 dari 8 rangkaian kereta LRT Palembang (10/4)

Kementerian Perhubungan menyebutkan dua rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang telah tiba di pelabuhan Boom Baru, Sumatera Selatan hari ini. Fasilitas LRT buatan Industri Kereta Api (Inka) ini dikirim langsung dari Madiun pada 6 April lalu.

Dua rangkaian kereta (trainset) akan digunakan untuk melayani jalur Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II - Jakabaring. Sebelum dioperasikan, LRT akan melewati proses pengujian. Nantinya LRT tersebut akan mendukung helatan Asian Games 2018 di Palembang.

"Ini jadi sejarah baru perkeretaapian Indonesia, khususnya Sumatera Selatan," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam keterangan resminya, Kamis (12/4). (Baca: INKA mulai Kirim 4 Kereta LRT ke Palembang)

Zulfikri mengatakan progres pembangunan prasarana proyek ini telah mencapai 89 persen. Kemenhub nantinya akan melakukan pengujian jalan dan keamanan (safety assesment) terhadap prasarana ini sebelum diluncurkan dan mulai beroperasi pada akhir Juni.

Pemerintah berharap keberadaan LRT menjadi pilihan moda transportasi dalam menunjang mobilitas masyarakat Sumsel. Apalagi infrastruktur ini dibangun dalam rangka pengintegrasian penumpang dari Bandara menuju lokasi tujuan, termasuk untuk mendukung Asian Games.

"Ini juga menjadi warna baru perkembangan kereta api Indonesia," ujar Zulfikri

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...