Kementerian ESDM dan BUMN Sejalan dengan Perubahan Pertamina

Arnold Sirait
26 April 2018, 18:21
SPBU
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejalan dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas adanya perubahan di PT Pertamina (Persero). Ini seiring dnegan adanya perubahan manajemen di tubuh Pertamina.

Adapun tugas manajemen baru adalah menjaga pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM). Ini agar tidak ada lagi kelanggakan.

“Bapak Menteri ESDM menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden, pasokan BBM khususnya Premium jangan sampai mengalami kelangkaan lagi. Kami juga satu bahasa dengan Kementerian BUMN bahwa Pertamina sudah diminta untuk menyalurkan Premium ke seluruh tanah air, termasuk daerah terpencil,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Agung Pribadi, Kamis (26/4).

Data triwulan I tahun 2018 menunjukkan total penyaluran Premium, baik di wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali) maupun luar Jamali sebesar 2,1 juta Kilo Liter (KL). Capaian itu lebih rendah 41% daripada periode yang sama pada tahun 2017 sebesar 3,58 juta KL.

Adapun realisasi total jenis BBM Premium tahun 2017 sebesar 12,5 juta KL termasuk 7,5 juta KL Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) atau Premium di luar Jamali. Sedangkan tahun 2018, penyaluran JBKP direncanakan sama dengan tahun lalu dan tidak ada pengurangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...