Ingin Ganti Nomor, Begini Cara Unreg Kartu Prabayar

Desy Setyowati
2 Mei 2018, 15:03
Ponsel internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Proses registrasi kartu prabayar telah rampung pada 30 April 2018 dan pada 1 Mei 2018 seluruh nomor telepon seluler yang belum teregistrasi telah diblokir. Lalu bagaimana jika Anda berniat mengganti nomor yang telah didaftarkan.

Jika nomor yang terdaftar atas nama Anda baru satu atau dua, maka Anda tinggal mendaftarkan nomor yang ketiga. Namun jika Anda sebelumnya telah mencapai batas tiga nomor, maka salah satu nomor harus dibatalkan pendaftarannya (unreg). Kecuali, jika Anda bersedia mendaftarkan nomor yang keempat dengan mendatangi gerai operatornya.

Lalu bagaimana cara unreg nomor kartu prabayar? Setiap operator ternyata mempunyai mekanisme pembatalan pendaftaran yang berbeda. Berikut daftarnya:

Pelanggan Indosat Ooredoo misalnya, bisa membatalkan registrasi nomor melalui SMS dengan format UNPAIR#nomor ponsel# ke 4444.

(Baca juga: Registrasi SIM Card Disebut Menggerus Laba Perusahaan Telekomunikasi)

Selain itu, Indosat juga menyediakan fitur Cek Nomor guna mengetahui berapa nomor yang terdaftar atas NIK dan Nomor KK yang dimiliki. Layanan ini bisa diakses melalui dua cara, yaitu SMS dengan mengetik INFO#NIK kirim ke 4444 atau akses ke http://im3.do/registrasi.

Sementara bila menemukan adanya indikasi penggunaan datanya oleh pihak lain, "pelanggan bisa datang ke gerai Indosat untuk mengadu dengan membawa data identitas asli dan menunjukkan bukti otentik tentang adanya penggunaan datanya oleh pihak lain," ujar Head Corporate Communication Indosat Deva Rachman, Rabu (2/5).

Bagi pelanggan Telkomsel, pembatalan registrasi atas nomor seluler yang sudah didaftarkan, bisa melalui SMS dengan cara ketik UNREG#Nomor NIK kirim ke 4444.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...