Rupiah Melemah, Pengusaha Tahan Harga Makanan & Minuman Hingga Lebaran

Yuliawati
Oleh Yuliawati - Ekarina
26 Mei 2018, 10:48
industri makanan dan minuman
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Proses produksi industri makanan dan minuman di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (13/9/2017).

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus berlanjut sejak akhir Januarii lalu hingga  melewati Rp 14 .000 pada Mei ini. Meski mengalami tekanan, pengusaha belum akan menaikkan harga jual produk
makanan dan minuman hingga hari raya Idul Fitri pada pertengahan Juni mendatang.

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia ( Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan meski pengusaha mengalami pukulan atas pelemahan rupiah, mereka masih dapat menahan harga. Sebagian besar pengusaha sudah menyetok bahan baku dan bahan jadi sebelum Maret.

Advertisement

"Saat ini masih bertahan untuk tidak menaikkkan harga produk, nanti setelah lebaran akan kami evaluasi kembali," kata Adhi saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (25/5).

(Baca juga: Pelemahan Rupiah Menekan Industri Makanan dan Minuman)

Adhi mengatakan harga pada momen bulan puasa Ramadhan dan Lebaran tetap dijaga karena permintaan produk makanan dan minuman sedang meningkat. Selain itu, apabila harga produk makanan dan minuman mengalami kenaikan, dikhawatirkan akan mempengaruhi daya beli dan merusak permintaan.

"Pengusaha sengaja memberikan harga yang bagus, karena berharap besar terhadap peningkatan penjualan pada momen Ramadhan dan Lebaran," kata dia.

Adhi mengatakan apabila pelemahan rupiah terhadap dolar AS terus berlanjut dalam rentang Rp 14.500-15.000, harga produk makanan dan minuman diperkirakan naik 3-7%.

Saat ini industri makanan dan minuman masish bergantung impor baik berupa bahan baku dan bahan jadi maupun kemasan plastik dan kaleng. Produk-produk ini mengalami kenaikan seiring melemahnya rupiah dan meningkatnya harga minyak dunia.

(Baca juga: Janjikan Insentif, Pemerintah Dorong Industri Makanan Lebih Inovatif)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement