Jokowi Resmikan Proyek Percobaan Korporasi Petani di Indramayu

Michael Reily
7 Juni 2018, 17:24
Jokowi Resmikan Korporasi Petani
Sekretaris Kabinet
Presiden Jokowi mengunjungi korporasi petani PT MMB, di Desa Majasari Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (7/6).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek percobaan korporasi petani di Sliyeg, Indramayu. Jokowi hadir bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Jokowi menyatakan, para petani harus berkumpul dalam sebuah organisasi besar untuk membuat sebuah kesatuan yang lengkap. “Saya memiliki kepercayaan dan keyakinan, kalau perusahaan besar bisa, kalau korporasi bisa, rakyat juga bisa melakukan, petani pun juga bisa melakukan itu,” kata Jokowi dalam keterangan resmi dari Jawa Barat, Kamis (7/6).

Mitra Badan Usaha Milik Desa Bersama (MBB) di Sliyeg tercatat memiliki anggota yang terdiri dari 127 kelompok tani dan 7.009 petani. Jumlah produksi padi di daerah tersebut tercatat 54 ribu ton per tahun dengan total luas lahan sebesar 4.384 hektare.

(Baca juga: Petani dan BUMN Bakal Berbagi Saham dalam Korporasi Agrobisnis)

MMB Sliyeg merupakan percobaan korporasi petani dengan sistem digitalisasi pertanian logistik. Platform digital korporasi ini akan mengintegrasikan empat siklus pertanian dari masa pratanam, tanam, panen, hingga pascapanen. Dengan aplikasi khusus, anggota korporasi ini dapat memantau perkembangan tiap tahap, sehingga strategi peningkatan produksi bisa dikalkulasikan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...