Valuasi Freeport Laporkan ke Jokowi, Dirut Inalum: Valuasinya Terbaik

Image title
22 Juni 2018, 15:08
Budi Gunadi Sadikin
Arief Kamaludin|KATADATA
Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin

PT Indonesia Asahan Aliminium (Inalum) telah menyampaikan perhitungan harga saham PT Freeport Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin berharap valuasi harga saham tersebut merupakan yang terbaik.

Harga 40 persen saham Freeport Indonesia yang disampaikan kepada Presiden diperkirakan sekitar US$ 3 miliar sampai US$ 5 miliar. Budi tidak membantahnya, namun dia juga tidak bisa mengungkapkan berapa angka pastinya.

Dia menilai harga saham Freeport sudah cukup baik bagi Inalum, termasuk kemampuan pendanaan induk usaha BUMN sektor pertambangan ini. "Harusnya urusan valuasi bisa mendapatkan angka yang terbaik," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Jumat (22/6).

(Baca: Dirut Inalum Jelaskan Sulitnya Transaksi Pembelian Saham Freeport)

Selain dari segi kemampuan pendanaan, perhitungan harga saham ini cukup baik dari nilai ekonomi tambang tembaga dan emas yang dikelola Freeport Indonesia saat ini. Salah satunya cadangan tambang Kucing Liar yang masih bisa dimanfaatkan hingga 2061. Dia memastikan potensinya masih sangat besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...