Pilihan Cawapres Jokowi Diperkirakan Tak Buat Koalisi Pecah

Ameidyo Daud Nasution
17 Juli 2018, 21:01
Jokowi Resmikan Korporasi Petani
Sekretaris Kabinet
Presiden Jokowi mengunjungi korporasi petani PT MMB, di Desa Majasari Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (7/6/2018).

Para partai politik pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan tak akan pecah setelah pengumuman calon wakil presiden (cawapres). Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research Center (SMRC) Djayadi Hanan mengatakan partai politik akan tetap merapat kepada calon presiden yang paling berpotensi memenangkan pemilihan Presiden 2019.

Ada dua nama kandidat cawapres dari partai politik pendukung yang masuk dalam kantong Jokowi, yakni Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Meski akhirnya ada kemungkinan Jokowi memilih satu di antara nama tersebut, Djayadi beranggapan calon yang tidak terpilih tetap akan legowo.

Advertisement

"Parpol tersebut masih yakin Jokowi menang kecuali ada data mengatakan Jokowi tidak mungkin menang maka mereka akan keluar," kata Djayadi di Jakarta, Selasa (16/7).

(Baca juga: Jokowi Ungkap Mahfud MD, TGB, dan Airlangga Masuk Bursa Cawapres)

Oleh sebab itu Djayadi menyebut posisi koalisi Jokowi sebenarnya dapat dikatakan aman saat ini. Meski demikian, Djayadi menyarankan Jokowi untuk menggandeng cawapres yang berlatar belakang Islam. Ini karena Jokowi dianggap berhaluan nasionalis sehingga memerlukan rekan yang datang dari kelompok berbeda.

Djayadi mengatakan ada beberapa nama yang dianggap mewakili umat Islam seperti Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mahfud MD, Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang), dan Cak Imin. 

Senada dengan Djayadi, peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute (TII) Fadel Basrianto memprediksi Jokowi akan menggandeng cawapres dengan latar belakang Islam. Salah satu nama yang menurutnya dapat melenggang adalah nama Mahfud M.D.

"Karena pak Mahfud juga memiliki pengalaman," katanya. (Baca juga: PDIP Sebut PKB Penentu Kemenangan Kubu Jokowi di Pilpres 2019)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement