Rudiantara Cek Proyek Palapa Ring di Kabupaten Puncak Jaya

Desy Setyowati
18 Juli 2018, 14:49
Rudiantara
Arief Kamaludin|KATADATA
Menkominfo Rudiantara menjadi pembicara kunci pada acara Katadata Forum bertajuk "Konektivitas Telekomunikasi Indonesia di Era Ekonomi Digital" di Jakarta, Selasa (29/11).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara memeriksa kemajuan proyek Palapa Ring dan Base Transmission Station (BTS) di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Pada kesempatan itu, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda menyampaikan apresiasinya atas pembangunan BTS di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal atau 3T.

Alhasil, sekolah, puskesmas, hingga beberapa lokasi publik terakses internet. Di antara sekolah yang kini mendapat akses internet itu adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Mulia yang kemarin dikunjungi Rudiantara.

Advertisement

Hanya, Bupati Yuni meminta agar seluruh sekolah di Puncak Jaya mendapat akses internet untuk kebutuhan ujian nasional dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 2019. "Dengan begitu, kami bisa menerapkan sistem PPDB," ujarnya dalam siaran pers, kemarin (17/7).

(Baca juga: 7 Janji Pemerintah kepada Investor di Sektor Digital)

Akses internet di SMP Negeri 1 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 dibangun melalui program Balai Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kominfo sejak tahun lalu. Yuni mengusulkan penambahan akses dan kapasitas jaringan untuk distrik lain. "Mohon BTS tidak (hanya dibangun) di Trikora saja, kawasan lain yang blankspot segera dapat sinyal seluler," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement