Krisis Turki, Hanya Rupiah dan Saham yang Rentan Terdampak

Image title
14 Agustus 2018, 20:22
Kurs rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Krisis finansial di Turki diprakirakan takkan berdampak luas terhadap pasar keuangan Indonesia.

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Anton Hermanto Gunawan mengatakan, yang paling rentan terimbas sentimen negatif investor akibat krisis di Turki adalah nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Advertisement

“(Pengaruh Turki) terasa selama sebulan ini karena masalah di sana cukup dalam,” tuturnya kepada Katadata, Selasa (14/8).

Kendati demikian, Anton menilai dampak krisis di Negeri Kebab tersebut tidak akan mempengaruhi seluruh sendi pasar keuangan. Hal ini disebabkan Indonesia tidak memiliki hubungan dagang erat dengan Turki.

Dari segi utang-berutang, Indonesia tidak memiliki catatan utang kepada Turki. Oleh karena itu, imbuh Anton, industri perbankan nasional terbilang aman. Sekalipun Indonesia industri jasa keuangan akan terdampak maka pengaruhnya tidak secara langsung.

Turki banyak berutang kepada perbankan di wilayah Eropa. Apabila negara itu mengalami gagal bayar, sedangkan kita butuh pinjaman dari bank yang sama, barulah kemungkinan Indonesia turut sulit mengakses kredit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement