Setelah Investree, Kemenkeu Gandeng Modalku Jualan Surat Utang

Desy Setyowati
21 Agustus 2018, 14:11
fintech modalku
Arief Kamaludin | KATADATA

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berinovasi dalam menjual Surat Berharga Negara (SBN) untuk investor ritel dengan menggandeng perusahaan teknologi keuangan atau financial technology (fintech). Setelah Investree, giliran Modalku yang digaet oleh otoritas fiskal tersebut untuk menjual surat utang ini.

Fintech jenis peer to peer (P2P) lending Modalku dipilih menjadi mitra distribusi Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR004. “Ini bentuk kesungguhan kami menopang perkembangan ekonomi melalui ranah teknologi finansial,” kata Head of Strategic Investors Modalku Cindyana Laksana dalam siaran resminya yang diterima Katadata.co.id, Selasa (21/8).

Advertisement

(Baca juga: Modalku Cairkan Rp 2 Triliun Kredit UMKM di Tiga Negara).

Menurutnya, Modalku menekankan kecepatan sistem teknologi dalam mendistribusikan SBR004. Selain karena cepat, penyaluran SBR004 lewat fintech lebih dekat dengan generasi muda. Ia berharap mekanisme penjualan secara online ini menarik minat generasi milenial untuk membelinya.

Kali ini, SBR004 mengangkat misi pendidikan nasional. Karena itu, semua dana yang diterima melalui penerbitan SBR004 akan digunakan pemerintah untuk membiayai aktivitas pengembangan pendidikan di Indonesia.

Sebagaimana dilansir Bank Dunia, kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah karena sarana dan prasarana kurang merata dan kurikulum belum sesuai dengan standar internasional. Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukan skor pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar kelas 4 di Indonesia hanya 45 dari 48 negara yang diriset. Sedangkan skor matematika peringkat 45 dari 50.

Tak hanya itu, 36 % dari total sekolah di Indonesia memerlukan perbaikan serius. Menurut Cindyana, pengembangan sistem penjualan SBR Ritel secara online menjadi salah satu langkah penting dalam mewujudkan partisipasi aktif masyarakat untuk berkontribusi bagi pendidikan di Tanah Air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement