Halosis, Chatbot Ramah Kantong untuk UMKM

Desy Setyowati
2 September 2018, 07:00
Chatbot
Katadata
Chatbot pada laman Alezalabel yang dikembangkan oleh Halosis.

Teknologi robot chatting atau chatbot kini tak hanya bisa diakses perusahaan-perusahaan besar. Sebab, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mencoba peruntungan di bisnis digital pun bisa menyapa pelanggan dengan chatbot yang dikelola oleh Halosis.

Halosis merupakan startup yang mengembangkan chatbot yang berdiri akhir 2017. Berbeda dengan Kata.ai atau PT Jualan Online Indonesia (Bang Joni), Halosis fokus menyasar mass market seperti UMKM. "Sudah ada sekitar 2.000 seller yang menggunakan jasa kami," kata CEO Halosis Andrew Darmadi di Lippo Mall Puri, Jakarta, Jumat (31/8).

UMKM bisa menyematkan tautan webchat Halosis di profil Instagram, Facebook, hingga aplikasi percakapan seperti Line ataupun Facebook Messenger. Nantinya, chatbot Halosis bakal menyapa pelanggan mereka dengan kalimat, "Hai! Saya Halosis, virtual assistant. Dengan siapa saya bicara?"

Lewat webchat itu, pelanggan bisa bertanya perihal stok produk, harga, hingga ongkos kirim. Selain itu, webchat Halosis akan menyertakan tautan atas produk-produk yang tersedia di UMKM mitranya. Dengan begitu, pelaku UMKM tak perlu lagi sibuk menjawab pertanyaan repetitif pelanggan. Sementara konsumen bisa mendapat info lengkap lewat chatbot Halosis.

Fitur-fitur seperti ini lah yang disediakan Halosis, supaya pelaku UMKM bisa meningkatkan transaksi secara efektif dan efisien. "Kalau berjualan di e-commerce menawarkan diskon untuk menarik konsumen, kami menawarkan kemudahan," kata dia.

(Baca juga: Kata.ai, Startup Di Balik Layanan Chatbot Veronika dan Sabrina)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...