Bekraf dan BEI Luncurkan Platform untuk Startup Raih Modal

Penulis: Pingit Aria

Kamis 6/9/2018, 12.56 WIB

GSI - GoStartupIndonesia akan mendorong startup untuk mendapat akses permodalan dengan melantai di bursa.

Bursa Efek Indonesia
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan platform GSI - GoStartupIndonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia. GSI akan mendorong perusahaan rintisan (startup) ekonomi kreatif untuk mendapat akses permodalan dengan go public.

“Platform ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Bekraf dan BEI yang ditandatangani pada bulan April 2018 tentang program IDX Incubator,” kata Kepala Bekraf, Triawan Munaf melalui siaran pers, Kamis (6/9).

Ia menyatakan, pada tahap awal, founder dari perusahaan rintisan lebih fokus pada aspek teknis dibandingkan dengan aspek manajerial, administrasi dan keuangan. Oleh karena itu, platform GSI akan mendorong financial literacy for startup sehingga arah dan pengembangan bisnis yang dirancang sejak awal.

Menurutnya, menjadi unicorn, seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak merupakan harapan dan impian dari setiap startup. Namun, hal tersebut sangat sulit untuk ditiru oleh startup lain. GSI dengan program CreaX (Creative Exchange fo Startup) akan mencoba memberikan alternatif kepada startup yang lebih realistis.

(Baca juga: Startup Digital Hub NFC Indonesia Bakal Melantai di Bursa)

Melalui program CreaX, Bekraf bersama Bursa Efek Indonesia ingin mendorong perusahaan-perusahaan rintisan untuk scale up dengan menjadi perusahaan terbuka di bursa. “Memang hal ini tidak mudah, oleh karena itu diperlukan kerja sama dan sinergi yang baik dengan berbagai pihak dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi startup,” kata Triawan.

Untuk mencari talent baru, Bekraf melalui platform GSI akan melakukan roadshow ke beberapa kota besar di tanah air untuk memberikan mentoring dan kompetisi pitching. Di antara kota yang akan dikunjungi adalah Medan, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Makassar, Bandung, dan Jakarta.

Pemenang kompetisi berkesempatan untuk mengikuti program inkubator dan mentoring pada Supercamp untuk mempersiapkan para finalis dari masing-masing kota untuk menghadapi final kompetisi pitching yang akan dilaksanakan pada Indonesian Capital Day di Surabaya.

(Baca juga: Akuisisi MatchMove Indonesia, M Cash Bisnis Dompet Elektronik)

Saat ini, GSI juga mengembangkan website gostartupIndonesia yang merupakan one stop services for startup. Meskipun masih dalam proses pengembangan, website ini sudah dapat diakses melalui alamat http:// v2.gostartupindonesia.id.

Melalui website ini, para startup berkesempatan terhubung pada ekosistem startup Indonesia. Selain update berita, acara, pelatihan, dan kesempatan kerja bagi startup, terdapat juga forum diskusi yang bisa diakses oleh startup, komunitas, mentor, dan investor.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha