Indonesia Izinkan Investasi Asing di Pendidikan Tinggi

Dimas Jarot Bayu
7 September 2018, 20:32
PAMERAN PENDIDIKAN INGGRIS 2017
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Mahasiswa berkunjung di stan saat pameran pendidikan Inggris 2017 di Aston Hotel, DI Yogyakarta, Kamis (9/3). Pameran pendidikan yang diikuti 19 institusi pendidikan asal Inggris tersebut untuk memberikan informasi rinci tentang program pendidikan di Inggris kepada calon mahasiswa.

Indonesia dan Australia melalui Comprehensive Economics - Partnership Agreement (CEPA)  akan memperluas kerja sama di bidang peningkatan daya saing tenaga kerja di Indonesia. Hal tersebut dilakukan salah satunya melalui investasi dan kerja sama di bidang pendidikan tinggi dan vokasional.

Direktur Perundingan Bilateral Kemendag Ni Made Ayu Marthini mengatakan, Indonesia akan memperbolehkan Australia untuk melakukan investasi di bidang pendidikan tinggi.

Advertisement

Hal itu dilakukan dengan memberikan foreign equity participantship (FEP) kepada Australia agar dapat melakukan investasi tersebut. Selama ini, investasi di bidang pendidikan tinggi tidak diperbolehkan untuk asing lantaran masuk dalam daftar negatif investasi (DNI).

(Baca : Kerja Sama Dagang, 6.474 Pos Tarif Produk RI ke Australia Akan Dihapus)

"Ini pertama kali kita coba karena Indonesia percaya akan peningkatan pendidikan yang lebih baik di masa depan," kata Made di kantornya, Jakarta, Jumat (7/9).

Menurut Made, masuknya investor Australia di bidang pendidikan tinggi dapat meningkatkan persaingan antar-universitas di dalam negeri. Persaingan tersebut, kata Made, dapat memberikan hasil yang baik kepada para lulusannya ke depan.

Dengan demikian, para lulusan universitas tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada ekonomi Indonesia. "Bukan (pendidikan tinggi) Indonesia tidak bagus, tapi untuk lebih kompetitif kita harus bersaing," kata Made.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement