Pertamina Ultimatum Aramco hingga Oktober Putuskan Kilang Cilacap

Anggita Rezki Amelia
9 September 2018, 09:00
Kilang Cilacap
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

PT Pertamina (Persero) kembali meminta kejelasan Saudi Aramco mengenai kelanjutan proyek kilang minyak di Cilacap. Kali ini, perusahaan pelat merah itu bahkan memberikan tenggat kepada Saudi Aramco untuk memutuskan lanjut tidaknya kemitraan di proyek tersebut.  

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Gigih Prakoso mengatakan selama ini pihaknya merasa nasib proyek tersebut digantung Saudi Aramco. Ini karena perusahaan asal Arab Saudi ini tidak kunjung memberi keputusan.

Untuk meminta kejelasan itu, Pertamina sudah menyurati Saudi Aramco. Bahkan, perusahaan pelat merah ini akan bertemu dengan manajemen Saudi Aramco.

Gigih mengatakan dalam surat tersebut Pertamina memberikan batas waktu kepada Saudi Aramco hingga pertengahan Oktober untuk memutuskannya. Jika hingga batas waktu itu, Saudi Aramco tak kunjung memutuskan, Pertamina tetap melanjutkan pembangunan Kilang Cilacap tanpa mereka.

Namun, Pertamina masih menunggu respons dari Saudi Aramco terlebih dulu."Kami konfirmasi ke sana dan kirim surat klarifikasi mengenai komitmen lanjut atau tidak. Kalau tidak, kami akan ambil keputusan akan sendiri atau cari partner yang lain," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (6/9).

Pertamina dan Saudi Aramco memang sepakat bermitra menggarap proyek kilang tersebut. Di kilang itu, Pertamina memiliki hak kelola mayoritas atau sebesar 55% di Kilang Cilacap. Sisanya dipegang Saudi Aramco.

Pertamina akan memasuki tahap studi desain konstruksi dasar (Basic Enginering Design/BED) dan desain awal (Front End Enginering Design/FEED). Biaya kajian tersebut, menurut Gigih bisa dua persen lebih besar dari total nilai proyek. Adapun nilai proyek kilang Cilacap diperkirakan mencapai US$ 5,5 miliar.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...