Kembali ke Garuda, Ashkara Gantikan Pahala Jadi Dirut

Image title
12 September 2018, 19:37
Garuda Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. resmi diganti. Pemegang saham setuju Pahala Mansury diganti oleh I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra. Ashkara merupakan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III sejak Mei tahun lalu.

Askhara bukanlah orang baru di Garuda. Dia pernah menjabat Direktur Keuangan Garuda pada 2014. Dua tahun kemudian, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada ini ditunjuk sebagai Dewan Direksi PT Wijaya Karya (Wika).

Pada Mei 2017, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengangkatnya menjadi Direktur Utama Pelindo III. Pria berusia 47 tahun ini juga pernah bekerja sebagai Executive Director of Natural Resources Group and SOE di PT Bank ANZ Indonesia.

(Baca: Dari Garuda dan Wika, Ngurah Ashkara Balik ke Pelindo III Jadi Dirut)

"Kami ucapkan terima kasih pada manajemen lama. Kami akan terus berkomunikasi dengan mereka untuk menjaga keberlanjutan (bisnis Garuda)," kata Askhara usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Garuda Indonesia di Garuda City Center, Tangerang, Rabu (12/9).

Ashkara mengatakan akan berusaha keras di tengah kondisi pasar yang menyebabkan nilai tukar rupiah tertekan dan harga bahan bakar avtur naik tinggi. Dia menargetkan dapat mengurangi kerugian Garuda hingga US$ 100 juta.

Sepanjang semester I tahun ini Garuda telah berhasil menurunkan kerugiannya dari US$ 283,8 juta semester I tahun lalu, menjadi US$ 114 juta. Pahala mengatakan angka tersebut berasal dari pendapatan Garuda yang tumbuh 5,9% tengah tahun ini. Sedangkan pengeluaran perseroan dapat ditahan menjadi hanya 0,3%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...