Jajaki Pengembangan Kilang Ramah Lingkungan, Pertamina Rangkul ENI

Image title
21 September 2018, 21:16
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina dan perusahaan minyak dan gas asal Italia ENI S.p.A, menandatangani nota kesepahaman kerja sama terintegrasi. Kerja sama ini terkait potensi pengembangan kilang ramah lingkungan dan peluang bisnis perdagangan di sektor hilir migas.

"Lewat kerja sama ini, Pertamina akan mengembangkan bahan bakar yang ramah lingkungan. Sekaligus mendorong BUMN (Badan Usaha Milik Negara) agar lebih aktif lagi dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan," kata Menteri BUMN Rini Soemarno seperti dikutip dari siaran resmi, Jumat (21/9).

(Baca: Dua Kilang Pertamina Akan Olah Minyak Sawit Jadi Bahan Bakar)

Penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Chief Refining and Marketing Officer ENI S.p.A Giuseppe Ricci di Porto Marghera, Venesia, Italia. Penandatanganan ini juga disaksikan langsung oleh Rini, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Harry Sampurno, dan Deputi Bidang Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo.

Nicke Widyawati mengatakan kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam menyediakan bahan bakar ramah lingkungan sekaligus mengoptimalkan sumber daya alam dalam negeri. Hal itu, untuk menciptakan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional. 

Dia menjelaskan pemilihan ENI sebagai mitra kerja sama dilakukan karena keberhasilan perusahaan tersebut dalam melakukan konversi kilang konvensional menjadi kilang ramah lingkungan (biorefinery) di Porto Maghera pada 2014. Inovasi ini merupakan yang pertama di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...