Kembangkan Mandalika, EBD Paragon Investasi Rp 1,6 Triliun

Hari Widowati
10 Oktober 2018, 04:43
Pantai Mandalika, NTB
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sejumlah wisatawan mancanegara berada di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10/2017).

EBD Paragon Holdings, perusahaan properti dan infrastruktur asal Amerika Serikat (AS), menginvestasikan dana lebih dari US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk pengembangan kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). EBD Paragon bermitra dengan PT Bali Tourism Development Center (BTDC), PT PP Tbk (PTPP), PT PP Properti Tbk (PPRO), dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) untuk proyek resort dan pengolahan air bersih di kawasan tersebut.

Chairman EBD Paragon Holdings Wajih Malki mengatakan, perusahaannya mulai berinvestasi di Indonesia pada 2015 dengan nilai US$ 21 juta atau sekitar Rp 300 miliar. Proyek pertama yang digarap adalah proyek pengolahan air minum di Mandalika, NTB. Sebelum menanamkan dananya di Indonesia, Paragon memiliki anak usaha yang beroperasi di Manila, Filipina dan Riyadh, Saudi Arabia.

Malki meminta anak usahanya di Manila melakukan studi kelayakan untuk investasi di sektor infrastruktur. "Tidak banyak pilihan investasi waktu itu, kami melihat Jakarta, Surabaya, dan Bali sudah padat (investasinya)," kata Malki di sela-sela Indonesia Investment Forum 2018, di Hotel Conrad, Bali, Selasa (9/10).

EBD Paragon tertarik menggarap Mandalika ketika melihat lokasinya yang dekat dengan Bandara Internasional Praya, Lombok Tengah. Selain itu, Mandalika juga dekat dengan Bali. "Kami juga melihat track record dan kesuksesan BTDC sehingga kami yakin akan kesuksesan pengembangan proyek Mandalika," ujar Malki.

EBD Paragon masuk ke bisnis pengolahan air karena kawasan Mandalika masih kekurangan pasokan air bersih. Apalagi, di kawasan tersebut akan dibangun beberapa hotel dengan 2.000 kamar, kebutuhan terhadap air bersih tentu sangat besar. Belum lama ini, EBD melepas 25% sahamnya di perusahaan pengelola air bersih tersebut kepada PT Adhi Karya Tbk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...