Pertemuan IMF-WB dan Surplus Neraca Dagang Dorong Penguatan IHSG

Image title
15 Oktober 2018, 13:05
 Bursa Efek Indonesia
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tidak berubah pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/7).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak positif pada perdagangan hari pertama pekan ini, sempat menembus ke level 5.816. IHSG ditutup menguat 0,19% pada sesi pertama perdagangan atau setara 10,9 poin menjadi berada di level 5.767,4.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji mengatakan penguatan IHSG karena mendapat sentimen positif dari penyelenggaraan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia di Bali. Para investor menyambut baik rencana investasi terhadap 21 proyek di tanah air senilai Rp 207 triliun.

"Pertemuan itu juga meningkatkan prestise Indonesia di mata dunia internasional," katanya kepada Katadata.co.id, Senin (15/10).

(Baca juga: Bursa Saham Asia Perkasa di Tengah Anjloknya Indeks Amerika dan Eropa)

Data neraca perdagangan yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada siang hari ini juga menjadi sentimen positif bagi IHSG. BPS mengumumkan neraca perdagangan mengalami surplus sebesar US$ 230 juta.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...