Dari 3,62 Juta Pelamar Calon PNS, 72% Lolos Seleksi Administrasi

Dimas Jarot Bayu
22 Oktober 2018, 16:15
Seleksi CPNS
Kominfo
Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi administrasi mencapai 2.631.443 atau 72% dari total 3.628.327 orang. Sementara 566.660 pendaftar dinyatakan tidak lolos tahapan seleksi tersebut. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, masih ada 201.035 masih dalam tahapan verifikasi. “Sebanyak 229.189 lainnya belum terverifikasi,” kata Ridwan ketika dihubungi Katadata.co.id, Senin (22/10).

(Baca juga: Setop Rekrut, Pemerintah Timbang Kenaikan Gaji Honorer).

Menurut dia, sebanyak 141 instansi sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi tersebut.  Di antaranya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PAN-RB, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Luar Negeri.

Demikian juga dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kesehatan. Lalu, Kementerian ESDM, Kemeneterian Sosial, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tercatat pula 15 lembaga yang sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi ini. Sisanya berasal dari pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota. (Baca pula: PNS Hasil Seleksi 2018 Tak Boleh Mutasi Selama 10 Tahun).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...