Jokowi Akan Resmikan Dua Bandara Baru di Kalimantan Timur

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2018, 10:41
Bandara APT Pranoto
Katadata/Ameidyo Daud
Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan dua bandara baru di Kalimantan Timur. Keduanya adalah Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda dan Bandara Maratua.

Peresmian keduanya merupakan bagian dari kunjungan kerja Jokowi ke Samarinda, Kalimantan Timur, hari ini. Presiden dijadwalkan mendarat di bandara APT Pranoto pukul 11.00 WITA dan langsung meresmikan secara penuh beroperasinya bandara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap keberadaan bandara pengganti Temindung di Samarinda tersebut dapat membuat masyarakat lebih mudah terhubung dengan kota-kota besar lain di Indonesia. Sebelumnya, warga Samarinda harus ke Balikpapan untuk naik pesawat.

"Dengan hubungan langsung ke Jakarta, maka potensi wisata dan ekonomi menjadi baik," ujar Budi Karya di Bandara APT Pranoto, Kamis (25/10).

Saat ini baru beberapa maskapai pesawat berbadan kecil yang melayani penerbangan ke APT Pranoto. Salah satunya Expressair yang melayani rute bandara ini ke Berau. Namun dengan panjang landas pacu 2.250 meter, Budi menargetkan dalam waktu dekat sejumlah maskapai akan hadir dengan fokus rute Jakarta, Surabaya, dan Makassar. "Misalnya Garuda Indonesia, Lion, dan Susi Air," kata dia.

(Baca juga: Pemerintah Tawarkan Pengelolaan Bandara Labuan Bajo ke Swasta dan BUMN)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...