Bos Grup Lippo James Riady Penuhi Panggilan KPK Terkait Suap Meikarta

Dimas Jarot Bayu
30 Oktober 2018, 13:28
James Riady di KPK
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
CEO Lippo Group James Riady bersiap menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (30/10/2018). James Riady menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pada proses perizinan proyek pembangunan Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

CEO Grup Lippo James Riady memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (30/10). Menggunakan jas hitam dan kemeja biru muda, James tiba di Gedung KPK sekitar pukul 09.26 WIB untuk menjalani pemeriksaan.

Setelah turun dari mobil, James bergegas masuk ke Gedung KPK. Dia tak memberikan komentar dan hanya tersenyum kepada para wartawan. (Baca: Kasus Dugaan Suap Meikarta, KPK Panggil James Riady Pekan Depan)

James sebelumnya diagendakan diperiksa sebagai saksi dalam dugaan suap perizinan proyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, James rencananya diperiksa untuk sembilan tersangka dalam kasus tersebut.

Menurut Febri, KPK telah melayangkan surat panggilan kepada James. “(Pemeriksaan) direncanakan dilakukan pada akhir Oktober 2018 ini,” kata Febri dalam keterangan tertulisnya, Jumat kemarin.

Salah satu yang akan didalami oleh lembaga antirasuah ini yakni berbagai pertemuan James terkait perizinan Meikarta, baik antara Pemerintah Kabupaten Bekasi dan yang diduga juga dihadiri  pihak Grup Lippo. Hanya saja, Febri belum bisa menyebutkan secara spesifik siapa saja yang ikut pertemuan.

(Baca juga: KPK Dalami Asal Aliran Suap Izin Meikarta)

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan sembilan tersangka. Mereka antara lain Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Sahat MBJ Nahor, dan Kepala Dinas DPMPTSP Dewi Tisnawati,  dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...