AS-Tiongkok Berseteru, KTT APEC Pertama Kali Usai Tanpa Kesepakatan

Image title
Oleh Ekarina
19 November 2018, 16:33
Apec 2017
ANTARA FOTO/REUTERS/Kham
Para menteri perdagangan menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Inter-sessional Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) ke-3 di Hanoi, Vietnam, Senin (22/5).

Untuk pertama kalinya para pemimpin dunia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) mengakhiri pertemuan tanpa kesepakatan. Hal itu terjadi disinyalir karena adanya perselisihan pendapat soal perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

Melansir laman Bloomberg, bibit ketegangan sudah mulai tampak sehari sebelum penurutupan agenda KTT APEC pada Minggu (18/11) setelah Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Wakil Presiden AS Mike Pence menyampaikan pidato mengenai perdagangan.

Pence  memperingatkan negara-negara yang mengambil pinjaman  dari  Tiongkok. Dia menyebut, AS tidak menenggelamkan mitra negaranya dalam lautan utang.

(Baca: APEC Sepakati Digitalisasi Perdagangan dan Konektivitas UMKM)

Sementara Xi juga melontarkan pidato dengan kritik yang tak kalah pedas dengan menyebut kenijakan AS yang mengutaman kepentingan negaranya dan penerapan tarif memecah rantai pasokan sebagai malapetaka yang berakibat pada kegagalan.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menegaskan bahwa negosiasi komunike atau pernyataan kesepakatan bersama tidak mencapai kesepakatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...