Tahun Depan, Pertamina Tak Ada Rencana Akuisisi Blok Migas

Anggita Rezki Amelia
28 November 2018, 12:35
Blok Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi

PT Pertamina (Persero) tak merencanakan akuisisi blok minyak dan gas bumi (migas) untuk tahun depan. Padahal, sebelumnya ada rencana untuk mengakuisisi beberapa blok migas.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan fokus perusahaan tahun depan adalah memaksimalkan produksi dari blok yang saat ini dikelola. Tak hanya itu, Pertamina akan fokus pada transisi Blok Rokan.

Blok Rokan sebenarnya baru akan dikelola Pertamina setelah kontrak berakhir 2021. Namun, pemerintah sudah menyerahkan blok yang kini dikelola Chevron Indonesia kepada Pertamina. “Tahun depan kami masih fokus di eksisting dan Rokan. Fokus kam tahun depan produksi kita sehat," kata dia di Jakarta, Rabu (28/11).

Direktur Keuangan Pertamina Pahala N. Mansury memastikan pihaknya akan segera menandatangani kontrak Blok Rokan dengan skema gross split dalam waktu dekat. "Sebelum akhir tahun ini," kata dia. Pertamina menargetkan dengan mengelola Rokan, perusahaan pelat merah itu akan menyumbang 60% produksi minyak nasional.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati mengatakan perkiraan investasi sektor hulu migas Pertamina tahun depan sebesar US$ 2,5 miliar hingga 3 miliar. Sedangkan tahun ini US$ 2,3 miliar sampai 2,4 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...