Petani Sawit Terpukul Kejatuhan Harga CPO

Image title
6 Desember 2018, 13:21
Kelapa Sawit
ANTARA FOTO/Rahmad
Petani merontokkan buah kelapa sawit dari tandannya di Desa Sido Mulyo, Aceh Utara, Aceh, Kamis (26/10). Para pekerja manyoritas kaum perempuan mengaku, dalam sehari mereka mampu memisahkan dan merontokkan biji kelapa sawit sebanyak 250 kilogram dengan upah Rp200 per kilogram atau menerima upah Rp.50 ribu perhari.

Petani swadaya terpukul akibat harga minya sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO)  yang terus mengalami tren penurunan hingga November 2018. Hal ini menyebabkan mereka tidak mampu memproduksi sawit, karena harga jualnya rendah sementara biaya produksinya tinggi.

Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit Mansuetus Darto mengatakan selama ini petani swadaya menjual hasil panen sawit kepada tengkulak. Dari  tengkulak, baru kemudian sawit akan dijual kepada perusahaan minyak sawit.

Advertisement

Melalui mekanisne rantai pasokan ini, petani sulit memperoleh keuntungan besar. Apalagi dengan tren harga  minyak sawit mentah yang  terus menurun. Petani swadaya saat ini hanya dapat menjual hasil panen mereka kepada tengkulak dengan harga Rp 500 - 600 per kilogram.

"Sekarang petani jual ke tengkulak semua. Dengan situasi seperti ini, banyak tengkulak mempermainkan harga ke petani," kata Darto di Jakarta, Rabu (6/12).

Gerak petani untuk memasok Tandan Buah  Segar (TBS)  ke pabrik pengolah minyak sawit juga semakin terbatas,  karena tangki CPO di pabrik  banyak yang mengalami kelebihan produksi. Akibatnya, terjadi penumpukan pasokan minyak sawit di pelabuhan.  Pembatasan itu  tidak hanya terjadi untuk petani swadaya, tetapi juga petani plasma yang menjadi mitra perusahaan minyak sawit.

Adapun kebijakan pemerintah menetapkan penghapusan pungutan ekspor sawit melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dari US$ 50 dolar per ton menjadi US$ 0 disebut masih belum terlalu signifikan meredam tekanan yang dialami petani karena  kebijakan itu berlaku jika harga acuan CPO anjlok di bawah US$ 570 per ton. Namun pungutan ekspor juga bakal kembali seperti semula yaitu sebesar 50% jika harga CPO telah melewati batas harga US$ 619 per ton.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement