Pengurus PAN Abaikan Pendiri yang Meminta Amien Rais Mundur

Dimas Jarot Bayu
26 Desember 2018, 16:02
Amien Rais
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais bersiap menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno bakal mengabaikan para pendiri partainya yang meminta Amien Rais mundur dari jabatan Ketua Dewan Kehormatan. Eddy menilai, lima pendiri PAN yakni Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, dan Zumrotin sudah lama tidak aktif di partai.

Mereka pun, lanjut Eddy, tidak memiliki akar pengaruh di partai. "Selain itu mereka adalah pendukung pasangan calon yang tidak diusung oleh DPP PAN," kata Eddy melalui keterangan tertulisnya, Rabu (26/12).

Advertisement

Eddy menyatakan menghormati posisi para pendiri PAN. Meski demikian, Eddy juga meminta mereka untuk menghormati sikap DPP PAN yang solid mendukung Amien, baik terkait posisi maupun pandangan politiknya.

(Baca juga: 5 Alasan Pendiri PAN Desak Amien Rais Mundur)

Dia pun meminta seluruh pihak tetap menjaga keutuhan partai. Eddy berharap tidak ada pihak yang membuat suasana keruh sehingga timbul persepsi bahwa internal PAN rapuh.

Eddy mengklaim tidak ada perpecahan dalam internal PAN. "Saya pastikan seluruh kader PAN solid dalam menjalankan instruksi Ketua Umum untuk memenangkan kontestasi Pemilu dan Pilpres 2019," kata Eddy.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi juga meminta agar para pendiri partai untuk menghormati sikap partai terkait posisi Amien. Viva mengatakan, posisi Amien sebagai Ketua Dewan Kehormatan diberikan berdasarkan mekanisme formal kepartaian.

Keputusan tersebut diambil dalam Kongres PAN yang diselenggarakan di Bali. "Persoalan politik kepartaian, para pendiri harus mempercayakan kepada pengurus partai," kata Viva.

Viva lantas meminta para pendiri PAN tidak mengumbar perbedaan pemikiran dan pilihan politik di publik. Jika ada perbedaan pemikiran dan pilihan, Viva menyarankan agar masing-masing pihak bertemu.

(Baca juga: Tiga Ribu Polisi Bersiaga Selama Pemeriksaan Amien Rais)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement