Dongkrak Cadangan Migas, Pertamina EP Mengebor Sumur di Sumatera Utara

Anggita Rezki Amelia
2 Januari 2019, 12:56
Menembus Bumi Menjemput Energi (Rig On Shore Pertamina)
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) saat ini tengah menggarap salah satu lapangan Jatiasri-9 (Jas-9) milik PT Pertamina EP, dengan mengoperasikan salah satu Rig Cyber - 55.

PT Pertamina EP mulai mengebor sumur eksplorasi di wilayah kerja Pertamina EP Asset 1, Pangkalan Susu Field, di Desa Lubuk Kasih, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pengeboran sumur bernama Radiatus Madu (RDM)-1 ini dimulai Senin kemarin.

Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan langkah tersebut untuk menemukan cadangan minyak dan gas baru. Saat ini produksi minyak di sana sekitar 450 barel per hari (bph) dan diproyeksikan meningkat menuju level 1.000 bph pada pertengahan Januari ini. Peningkatan tersebut seiring tambahan produksi dari sumur Batumandi-B1 (BTM-01) yang juga tengah dibor.

(Baca: Pertamina EP Tuntaskan 100% Survei 2D untuk Cari Cadangan Migas)

Pengeboran (RDM)-1 menggunakan rig dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) yang juga anak usaha Pertamina. Rig yang digunakan adalah PDSI N110/59 dengan kekuatan sekitar 1.500 tenaga kuda (horse power/HP). “Sebagai bentuk sinergi Badan Usaha Milik Negara,” kata Nanang melalui siaran resminya yang diterima Katadata.co.id,  Rabu (2/12).

Pertamina EP memproyeksikan cadangan sumur RDM-1 sebesar 22 juta barel setara minyak (MMBOE), terdiri dari 10,8 juta barel minyak dan 62,8 billion cubic feet (BCF) gas . Adapun total investasi untuk kegiatan pemboran ini sekitar US$ 13 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...