13 Bandara AP II Jadi Destinasi Wisata Digital untuk Milenial

Dini Hariyanti
9 Januari 2019, 09:44
Bandara Kertajati
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Bandara BIJB dibangun sejak Desember 2015 dengan nilai proyek bandara mencapai Rp 2,6 triliun Kertajati akan memiliki terminal berkapasitas 5,6 juta penumpang per tahun.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II hendak menjadikan 13 bandara yang dikelolanya sebagai destinasi wisata digital. Konsep ini diterapkan untuk meraup semakin banyak konsumen milenial.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerapan konsep wisata digital di bandara diharapkan bisa memberi kesan berbeda bagi para pengguna jasa maskapai penerbangan.

"Semakin terdigitalisasinya bandara AP II, pelancong dapat memiliki kesan sendiri ketika tiba. Generasi milenial merupakan aset potensial dan segmen pasar yang bisa dituju untuk ini," katanya, Rabu (9/1). (Baca juga: Marak Agenda Internasional 2018, Penumpang Bandara Ngurah Rai Naik 13%

Akun media sosial dibidik sebagai medium utama bagi milenial untuk mempublikasikan keseruan pengalaman kunjungannya di suatu bandara. Cara ini diharapkan bisa menarik minat pelancong milenial lain untuk berkunjung ke Indonesia.

"Intinya, kami berharap bisa memberikan inspirasi positif bagi traveler untuk dapat menikmati millennials travel experience. Sehingga mereka bisa bercerita lewat akun media sosialnya dan viral di media sosial," ucap Awaluddin.

Pada 2017, sebanyak 143,3 Juta masyarakat Indonesia terkoneksi internet. Dari jumlah ini, porsi 49,5% adalah kalangan milenial dengan rentang usia 19 - 34 tahun. (Baca juga: Menteri Perhubungan Minta Lion Tunda 2 Pekan Ketentuan Bagasi Berbayar)

Guna mengoptimalkan program pengalaman wisata ala milenial, pendekatan yang diterapkan AP II ialah augmentasi, activation, dan amenities. Augmentation, yakni menambah dan memperbesar segmen pelayanan milenial. Activation terkait aktivasi kegiatan untuk mendorong milenial hadir di berbagai bandara. Aspek amenities (kemudahan) maka perseroan menghadirkan Airport Digital Lounge yang dilengkapi customer service robot.

Airport Digital Lounge kini hadir Terminal 3 dan Terminal 2 Bandara International Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Awaluddin menyatakan, fasilitas ini secara bertahap akan diimplementasikan ke semua bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

Bandar udara yang dinaungi AP II, yaitu Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, Sultan Mahmud Badaruddin II, Supadio, Kualanamu, Minangkabau, Sultan Syarif Kasim II, Husein Sastranegara, Sultan Iskandar Muda, Raja Haji Fisabilillah, Depati Amir, Sultan Thaha, dan Silangit.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...