10 Film Adaptasi Buku Diprediksi Menang Oscar 2019

Penulis: Dini Hariyanti

11/1/2019, 23.00 WIB

Academy Awards alias Oscar ke-91 akan digelar pada 24 Februari 2019 di Dolby Theatre, Hollywood, Amerika Serikat (AS).

Bioskop
Katadata

Gramedia memprediksi sejumlah film adaptasi buku yang bakal masuk nominasi Academy Awards ke-91 alias Oscar 2019. Penerbit buku ini menyebutkan sepuluh judul melalui laman resminya www.gramedia.com.

1. First Man

Film ini hasil adaptasi buku karya James R. Hansen berjudul First Man: The Life of Neil A. Armstrong. Secara garis besar, buku dan filmnya menceritakan perjalanan Neil ke bulan dengan segala permasalahannya. Dibintangi oleh Ryan Gosling sebagai Neil Armstrong.

First Man cukup banyak dijagokan menjadi salah satu nominasi Academy Awards. Situs IMDB dan www.thrillist.com meyakini film ini masuk ke beberapa kategori, yaitu sutradara terbaik, aktor terbaik, dan skenario adaptasi terbaik. (Baca juga: Tiga Film Bioskop Terlaris Masuk Nominasi Piala Maya)

2. Boy Erased

Film ini diadaptasi dari novel karya Garrard Conley berjudul Boy Erased: A Memoir of Identity, Faith, and Family. Berkisah tentang seorang anak pendeta yang mengungkapkan bahwa dirinya penyuka sesama jenis. Dia kemudian dikirim ke sebuah program bernama Love in Action, diperuntukkan bagi mereka yang ingin memerbaiki orientasi seksualnya.

Film ini dijagokan banyak situs. Nicole Kidman, pemeran pendukung wanita film ini, diyakini masuk jajaran kategori aktris pendukung terbaik Oscar tahun ini. Begitu pula untuk lagu yang ada, Revelation, diprediksi masuk nominasi kategori lagu orisinil film terbaik.

3. The Front Runner

Film arahan sutradara Jason Reitman ini diangkat dari buku berjudul All the Truth Is Out: The Week Politics Went Tabloid karya Matt Bai. Berkisah kehidupan Gary Hart pada 1988. Saat itu, dia harus menjalani tugas sebagai senator yang mau tidak mau juga harus menghadapi para pewarta yang kerap menjadikannya obyek pemberitaan.

The Front Runner dianggap mampu bersaing dengan film besar lainnya. Contohnya, seperti dilansir dari www.instyle.com bahwa film ini diprediksi masuk nominasi Oscar kategori film terbaik dan aktor terbaik.

4. Crazy Rich Asians

Dianggap menjadi salah satu film alternatif yang membawa angin segar, Crazy Rich Asians, diprediksi beberapa situs masuk kategori film adaptasi terbaik dan aktris pendukung terbaik. Hasil adaptasi novel berjudul sama karya Kevin Kwan ini membawa kisah cinta super mewah kaum jetset Tionghoa di Singapura.

Crazy Rich Asians akan dibuat sekuel, sesuai bukunya yang merupakan trilogi. Semua tetap menceritakan kisah cinta kaum jetset di Asia. (Baca juga: Film Aquaman Meraup Rp 12,6 Triliun Secara Global

5. Mary Poppins Returns

Apalagi kalau ceritanya bukan tentang wanita pengasuh anak yang datang ke sebuah keluarga dan menggunakan kekuatan sihir untuk mengatasi masalah. Inti cerita film ini merupakan hasil adaptasi buku berseri dengan judul sama karya PL Travers.

Film ini digadang-gadang akan masuk beberapa kategori inti Oscar 2019, seperti aktris terbaik dan film terbaik. Belum lagi film ini juga diprediksi akan masuk dalam kategori kostum terbaik dan visual efek terbaik.

6. BlacKkKlansman

Film ini diangkat dari novel yang rilis pada 2014 berjudul A Memoir Black Klansman karya Ron Stallworth. Disutradarai Spikee Lee, ini adalah tontonan biografi komedi yang tetap disertai sentuhan drama.

Dibintangi aktor Denzel Washington, film ini berkisah soal isu ras yang sampai sekarang terus mengelompokkan masyarakat Amerika Serikat. Dengan penggambaran apik mengenai perbedaan ras, film ini diprediksi masuk kategori terbaik, sutradara terbaik, dan juga aktor terbaik.

7. Black Panther

Tampaknya jarang kisah pahwalan super masuk dalam nominasi Oscar. Tapi kali ini banyak yang menjagokan Black Panther masuk nominasi. Tontonan ini diadaptasi dari enam seri komik Marvel, yaitu Black Panther: World of Wakanda, Who is Black Panther, Black Panther 2099, The Original Fantastic Four Comic #52-53, Panther's Rage, dan Black Panther #1-3.

Sejumlah nominasi diyakini bakal diboyong film ini, seperti kategori film terbaik, sutradara terbaik, skenario adatasi terbaik dan beberapa kategori lain. (Baca juga: Kisaran Biaya Produksi Film Berdasarkan Kanal Penayangan

8. Burning

Burning merupakan adaptasi salah satu cerita pendek karya Haruki Murakami berjudul Barn Burning. Cerpen ini ada dalam buku kumpulan cerita pendek Murakami, yaitu The Elephant Vanishes. Berkisah tentang pria yang bertemu perempuan, sosok itu ternyata tetangga masa kecilnya.

Suatu saat si perempuan ke luar negeri lantas kembali bersama seorang pria. Tak lama setelah itu, wanita tersebut menghilang tiba-tiba dan menyisakan tanda tanya besar. Film yang dibintangi oleh Yoo Ah In ini digadang-gadang masuk nominasi kategori film berbahasa asing (Korea Selatan) terbaik di Oscar 2019.

9. If Beale Street Could Talk

Berlatar awal tahun 1970-an, film ini berkisah tentang seorang wanita yang berusaha membuktikan kekasihnya tidak bersalah di depan pihak berwajib. Saat itu, kondisinya tengah berbadan dua menantikan kelahiran anak pertama.

Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya James Baldwin. Versi film dan novel dibuat sama dengan dibintangi Kiki Layne, Stephan James, Regina King, dan Colman Domingo. Film ini diprediksi masuk beberapa kategori, seperti film terbaik, sutradara terbaik, serta aktris pendukung terbaik.

10. Spider-Man: Into the Spider-Verse

Film yang satu ini diprediksi menjadi salah satu nominasi kategori film animasi terbaik. Film ini dinilai kandidat kuat untuk menjadi pemenang lantaran lebih dulu menyabet penghargaan Golden Globe 2019 kategori film animasi terbaik. Spider-Man dibuat berdasarkan komik Marvel seri Miles Morales / Spider Man. Rumah produksi yang menggarap adalah Colombia Picture dan Sony Pictures Animation, rilis pada Desember 2018. 

(Baca juga: Dua Film dari Adaptasi Novel Hits Akan Dirilis Bulan Depan)

Sementara itu, bagaimana dengan film karya sineas Indonesia? Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sempat dikabarkan mewakili Indonesia dalam Oscar 2019. Karya yang digarap Mouly Surya ini bercerita tentang Marlina (Marsha Timothy), seorang janda di Sumba. Sayang, film ini gagal masuk nominasi foreign language film.

Academy Awards alias Oscar ke-91 akan digelar pada 24 Februari 2019 di Dolby Theatre, Hollywood, Amerika Serikat (AS). Sebelum acara penghargaan digelar, pada 22 Januari 2019 terlebih dulu diumumkan para nominasi.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha