Janji Prabowo-Sandi Membangun Pipa Gas dari Papua hingga Jawa

Anggita Rezki Amelia
15 Januari 2019, 17:43
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Sandi Salahuddin Uno, menjanjikan pembenahan sektor energi. Salah satunya adalah membangun infrastruktur pipa gas bumi di Indonesia dari Timur ke Barat untuk mendekatkan pasokan gas bumi ke konsumen.

Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dirgo D Purbo mengatakan pembangunan pipa itu perlu karena industri tumbuh di wilayah barat Indonesia. Di sisi lain, cadangan gas banyak berada di Timur.

Dengan pipa itu, industri dan pembangkit listrik bisa mendapatkan jaminan pasokan gas. Apalagi, pasokan gas di Jawa saat ini berkurang sehingga banyak industri yang tutup. "Kalau tidak ada pasokan bagimana mau tumbuh," kata Dirgo dalam diskusi publik "Masa Depan dan Tantangan Pengelolaan Gas Bumi Nasional" di Jakarta, Selasa (15/1).

Pipa itu dibangun dari kawasan TImur seperti dari Papua hingga ke Jawa Timur. Pembangunan pipa ini juga berisiko kecil karena sudah ada yang terbangun sejak puluhan tahun seperti pipa gas dari Natuna ke Singapura yang sudah berlangsung sejak era 1980-an.

Meski tidak mau memerinci total investasi proyek pipa anyar itu, Dirgo mengatakan, pembangunan pipanisasi dari timur ke barat itu nantinya bisa dibangun oleh pihak swasta. "Kami buat aturan main," kata dia.

Menurut Dirgo, pasokan gas melalui pipa ini lebih efektif ketimbang menggunakan fasilitas terapung (FSRU). Ini karena dengan menggunakan FSRU, perlu biaya regasifikasi sehingga akan membenani biaya gas ke konsumen akhir.

Akan tetapi, Dirgo tidak bisa memastikan harga gas bisa murah ke konsumen dengan gebrakan pembangunan gas dari timur ke barat itu. Sebab harga akan tergantung dari lokasi sumber gas dan lokasi sumber pembeli. "Soal murah itu relatif," kata dia.

Pasokan gas ini nantinya bisa berasal dari Blok Masela dan Proyek Tangguh. Selain itu, bisa dari proyek baru. Pipa ini akan bersifat terbuka alias open access, sehingga akan membuat konsumen gas mudah dalam mendapatkan akses gas dari pipa yang sudah ada atau pipa yang akan dibangun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...