Desainer Fesyen Lokal Tak Khawatir Kalah Saing terhadap Produk Asing

Dini Hariyanti
19 Januari 2019, 04:00
UKM Busana
Arief Kamaludin|KATADATA

Pegiat industri fesyen menilai persaingan bisnis dengan berbagai merek dan tren mancanegara tidak perlu dikhawatirkan secara berlebih. Setiap brand memiliki peminat masing-masing sekaligus membidik segmen pasar yang berbeda.

Presiden Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono mengatakan, karya perancang mode dalam negeri tak kalah berkualitas dibandingkan dengan asing. Eksplorasi atas kekayaan budaya nasional bisa menjadi nilai tambah produk mereka.

Advertisement

"Apapun yang bagus orang akan membeli, apalagi kalau harganya terjangkau. Kelas atas nikmati karya asli (buatan tangan), konsumen bawah bisa pilih hasil printing (produsen fesyen lokal)," ucapnya kepada Katadata.co.id, Jumat (18/1). (Baca juga: Tiga Produk Fesyen Mewah Ini Bisa Jadi Medium Investasi

APPMI mengakui saking kompetitif kualitas karya desainer domestik maka yang mampu menjangkau relatif terbatas. Produk mereka lazimnya dikonsumsi masyarakat papan atas. Konsumen menengah ke bawah tak jarang memilih barang impor baru maupun bekas.

Sejumlah karya desainer nasional dibanderol mulai ratusan ribu hingga jutaan. Kualitas bahan dan tingkat kesulitan pembuatan jadi salah satu faktor penentu harga. (Baca juga: Perpaduan Bahan, Strategi Suqma Pertahankan Harga Kompetitif

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih berpendapat, perancang fesyen dalam negeri tetap bisa menggaet pasar menengah dan bawah. Supaya harga lebih terjangkau dapat disiasati pada pemilihan desain dan perpaduan bahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement