Chevron Siap Kerja Sama dengan Pertamina Muluskan Transisi Blok Rokan

Anggita Rezki Amelia
21 Januari 2019, 19:40
Pekerja Chevron
Arief Kamaludin|KATADATA

Chevron Indonesia siap bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) untuk melakukan transisi alih kelola Blok Rokan. Blok yang berada di Riau ini akan berakhir kontraknya tahun 2021 dan pengelolaannya beralih dari PT Chevron Pacific Indonesia ke Pertamina.

Senior Vice President Policy, Government and Public Affrairs Chevron Wahyu Budianto mengatakan meski pengelolaan Blok Rokan sudah diputuskan pemerintah ke Pertamina, pihaknya tetap bekerja sama dengan pemerintah, terutama masa transisi. “Kami selalu kerja sama supaya smooth transisinya,” kata dia di Jakarta, Senin (21/1).

Akan tetapi, Chevron masih enggan merinci kerja sama dalam proses transisi tersebut. Alasannya, itu merupakan kebijakan perusahaan.

Tak hanya itu, perusahaan asal Amerika Serikat itu juga enggan berkomentar mengenai peluang memiliki hak kelola Blok Rokan kembali dengan menjadi mitra Pertamina. “Tentang komersial kami tidak bicara dulu,” ujar dia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewajibkan PT Pertamina (Persero) bermitra di Blok Rokan. Ini merupakan bagian dari syarat dan ketentuan yang tertuang di Blok Rokan.

Meski tak menyebut persentasenya, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan mitra Pertamina harus kompenten." Di term and condition-nya ditulis wajib menggandeng mitra yang punya kemampuan di bidang hulu migas," kata dia di Jakarta, Jumat (18/1).

Arcandra juga mengatakan Pertamina bisa investasi di Blok Rokan usai tanda tangan kontrak baru. Rencananya, kontrak yang menggunakan skema gross split ini diteken bulan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...