Nantikan Pengumuman The Fed, IHSG Dibuka Naik 0,36% di Awal Pekan

Happy Fajrian
21 Januari 2019, 11:23
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Pasar saham Indonesia mengawali perdagangan di awal pekan ini, Senin (21/1), dengan bergerak positif. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka dengan bergerak naik 0,36% ke posisi 6.471,25 dari posisi penutupan pekan kemarin pada level 6.448,16.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham di kawasan asia yang juga bergerak menghijau. Indeks Strait Times naik 0,54%, Shanghai naik 0,67%, Hang Seng naik 0,24%, Nikkei naik 0,45%, KLCI Malaysia naik 0,55%. Sementara ini hanya PSEi Filipina dan Kospi yang masih terkoreksi, PSEi koreksi 0,11% dan KLCI koreksi 0,10%.

Kinerja bursa saham di dunia kini tengah menantikan bunga acuan oleh bank sentral Amerika Serikat (AS), Fed Fund Rate, yang akan diumumkan akhir Januari ini. The Fed sebelumnya telah memberikan sinyal akan lebih menahan kenaikan suku bunga acuannya.

Investor juga mengantisipasi lanjutan negosiasi dagang antara AS dan Tiongkok di Wasshington DC, AS, pada akhir Januari ini. Berlanjutnya proses negosiasi dapat menjadi suatu indikasi bahwa kedua negara perekonomian terbesar di dunia tersebut berkomitmen untuk mencari jalan tengah atas perang tarif membuat perekonomian kedua negara terpukul.

(Baca: Tumbuh 6,6%, Ekonomi Tiongkok Sentuh Level Terendah dalam 28 Tahun)

Data terbaru dari Tiongkok menunjukkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada 2018 sebesar 6,4%, yang merupakan laju pertumbuhan terendah selama 28 tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...