OVO Terlibat dalam Pendanaan Seri B Warung Pintar

Desy Setyowati
21 Januari 2019, 10:25
Warung Pintar
Warung Pintar

Perusahaan penyedia teknologi retail, Warung Pintar memeroleh pendanaan seri B senilai US$ 27,5 juta atau sekitar Rp 387,8 miliar.  Tambahan modal itu diperoleh dari investor terdahulu yakni SMDV, Vertex, Pavilion Capital, Line Ventures, Digital Garage, Agaeti, Triputra, Jerry Ng dan EV Growth.

Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh investor baru, yakni PT Visionet Internasional (OVO). "Kami terus berupaya untuk mentransformasi usaha mikro agar siap bersaing menuju ekonomi masa depan," ujar Co-Founder & CEO Warung Pintar Agung Bezharie Hadinegoro dalam siaran pers, Senin (21/1).

Pada Desember 2018, Warung Pintar memperluas pasar ke Banyuwangi. Alhasil, Warung Pintar kini memiliki 1150 kios. "Warung Pintar mendorong kenaikan pendapatan mitra hingga 41% dibandingkan sebelumnya," kata dia. Ia pun menargetkan lebih dari 5000 kios hingga akhir 2019.

Ia juga menyampaikan, Warung Pintar tumbuh 575 kali lipat selama setahun terakhir. Selain itu,  setiap investasi yang diberikan Warung Pintar menciptakan dampak sosial secara langsung (Social Return On Investment) 110%. Dampak itu seperti pendidikan anak, kesehatan, hubungan sosial masyarakat, kemampuan untuk berwirausaha, dan indikator peningkatan kualitas kehidupan lainnya.

(Baca: Tumbuh 110% per Tahun, Warung Pintar Ekspansi ke Luar Jabodetabek)

Chairman of Warung Pintar Willson Cuaca menambahkan, pendanaan ini merupakan dukungan yang luar biasa dari seluruh stakeholder di ekosistem, seperti product principal, masyarakat setempat, pemerintah, investor, dan pemilik warung.

Menurutnya, Warung Pintar adalah salah satu startup yang paling cepat perkembangangnnya dalam portofolio di East Ventures. "Ronde pendanaan pun ditutup dengan sangat cepat. Kami berharap babak baru ini semakin memicu pertumbuhan, adopsi, dan berdampak mendalam bagi masyarakat," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...