Cetak Laba Rp 32 Triliun, Saham BRI Jadi Buruan Investor Asing

Happy Fajrian
30 Januari 2019, 20:56
RUPSLB BRI 2019
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Suprajarto (kedua kanan) bersama Direktur Keuangan Haru Koesmahargyo (kanan), Direktur Konsumer Handayani (tengah), Direktur Kepatuhan Achmad Solichin Lutfiyanto (kedua kiri) dan Direktur Mikro dan Kecil Priyastomo (kiri) foto bersama sebelum menyampaikan keterangan terkait Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) di Jakarta, Kamis (3/1/2019). RUPSLB tersebut menyetujui perubahan pengurus perseroan diantaranya pemberhentian Kuswiyoto sebaga

PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 32,4 triliun sepanjang 2018. Raihan tersebut naik 11,6% dibandingkan dengan raihan laba pada tahun sebelumnya.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengungkapkan, pertumbuhan laba ditopang oleh penyaluran kredit yang naik 14,1% secara tahunan di akhir 2018 menjadi Rp 843,6 triliun. Sementara kualitas kredit terjaga, dengan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) kotor (gross) berada pada level 2,27%.

"Dari penyaluran kredit, pendorong profitabilitas BRI yakni penyaluran kredit ke sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang sebesar Rp 645,7 triliun, atau setara 76,5% dari total penyaluran kredit BRI," ujar Suprajarto, di Gedung BRI, Jakarta, Rabu (30/1).

Dengan NPL gross di 2,27%, BRI pada 2018 juga menaikkan rasio cadangan terhadap kredit bermasalah (NPL Coverage) menjadi 185,9 persen dari posisi di 2017 yang sebesar 183 persen.

(Baca: Kerjasama Dengan HKTI, BRI Target Salurkan KUR ke Petani Rp 80 Triliun)

Sementara itu pertumbuhan kredit juga ditopang oleh penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang mencapai Rp 944,3 triliun, naik 12,2% dibandingkan posisi DPK pada tehun sebelumnya. Sehingga rasio likuiditas yang terlihat dari rasio pembiayaan terhadap pendanaan atau loan to deposit ratio (LDR) terjaga pada level 89,3%.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...