Pertama Kali, Bali United dan Persija akan IPO di Bursa Tahun Ini

Image title
11 Februari 2019, 20:23
Bali United vs Persija 2018
Liga-Indonesia.id
Dua klub yang berencana IPO tahun ini, Bali United dan Persija, ketika bertemu pada pertandingan Liga Indonesia, 3 Desember 2018.

Klub sepak bola Liga 1 sepakbola Indonesia Bali United F.C. dikabarkan siap untuk melantai di pasar modal Indonesia melalui skema penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) tahun ini. Klub yang saat ini diperkuat oleh Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly ini dimiliki oleh PT Bali Bintang Sejahtera. Pengusaha Pieter Tanuri merupakan komisaris di perusahaan tersebut.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna mengatakan bahwa manajemen Bali United telah menyampaikan rencana tersebut kepada BEI. "Bali United sudah menyampaikan rencana secara lisan, namun belum menyampaikan dokumen. Bali United akan IPO di tahun ini," kata Nyoman Yetna kepada awak media di Jakarta, Senin (11/2).

Rencana tersebut diperkirakan dapat terealisasi pada tahun ini. Kendati demikian, Nyoman mengatakan, klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, ini belum membahas lebih lanjut lagi terkait jumlah saham yang akan dilepas ke publik. "Skema belum dibahas. Mereka lebih banyak mendiskusikan pemenuhan persyaratan," kata Nyoman menambahkan.

(Baca: Tepis Akuisisi Viva, Erick Thohir Jual Saham Inter untuk Bayar Utang)

Klub yang dijuluki Serdadu Tridatu ini berdiri sejak 1989. Sebelum berganti nama menjadi Bali United F.C. pada 15 Februari 2015, klub yang berdiri dengan nama Persatuan Sepak Bola Indonesia Samarinda (Persisam) yang merupakan eks tim perserikatan ini juga sempat berganti nama menjadi Putra Samarinda. Sejak 2001 sampai 2006 mereka berlaga di divisi pertama sebelum promosi ke Liga Super Indonesia.

Persija Juga Tertarik Untuk Go Public

Tidak hanya Bali United yang menyatakan ketertarikannya untuk mencari sumber pendanaan di pasar modal. Sebelumnya, Persija Jakarta juga menyatakan rencananya untuk go public tahun ini. PT Persija Jaya Jakarta berencana melakukan IPO sebelum akhir Desember 2019. Dengan masuk ke bursa saham, Persija berharap dapat menambah pundi-pundi pendapatan mereka yang beberapa tahun terakhir memerah karena pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan pihaknya menyambut baik rencana IPO Persija tersebut dan menilainya sebagai sebuah langkah maju. "Kami siap mendukung dan membantu prosesnya. Ini kan pionir, ada proses yang harus betul-betul dipastikan supaya mereka tidak kesulitan," ujar Hasan di Jakarta, Senin (11/2).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...