Buleleng Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 Februari 2019, 10:36
Buleleng Penghargaan
Katadata

Buleleng meraih penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk kategori Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik Pelaksana Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2017-2018 Bidang Air Minum pada Desember 2018.

 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Buleleng, Ketut Suparta Wijaya, menjelaskan ketepatan sasaran program, output, serta outcome yang dihasilkan Buleleng menjadi kunci keberhasilan daerah ini mengelola air minum.

 

Kabupaten Buleleng pada 2017 menerima Dana Alokasi Khusus senilai Rp 5 miliar dan pada 2018 sebesar Rp 3,5 miliar.

 

Suparta menambahkan Dinas PUPR berupaya keras memanfaatkan DAK ini agar dirasakan oleh masyarakat secara langsung. “Hasilnya, semua kegiatan dengan DAK sudah tuntas dilaksanakan, tuntas mulai dari pengambilan pada sumber air sampai mengalir ke sambungan rumah. Kami katakan tuntas, apabila sudah sampai mengalir ke rumah warga,” kata Suparta, seperti dikutip dari https://ppid.bulelengkab.go.id/.

 

Sebelum membangun pengelolaan air minum, Pemerintah Kabupaten Buleleng memetakan daerah-daerah rawan air, termasuk sejumlah wilayah yang rentan krisis air akibat topografi Buleleng yang nyegara gunung. Sejumlah desa tidak memiliki sumber air secara gravitasi, sehingga mengangkat air dari sungai atau tanah menggunakan sumur bor.

 

Di bidang kesehatan, Buleleng juga meraih penghargaan tingkat nasional, Indeks Kelola, dari Katadata. Penghargaan ini  mengukur efektivitas penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) oleh pemerintah daerah.

 

Tahun lalu, Buleleng  mengalokasikan anggaran kesehatan senilai Rp 405 miliar atau 18,74 persen dari total APBD 2018. Buleleng berinovasi mengembangkan fasilitas Puskesmas Keliling untuk menjangkau desa terpencil dan meningkatkan layanan mobil kesehatan Buleleng Emergency Service atau BES.

 

Selain dua penghargaan tersebut, Buleleng juga menyabet penghargaan National Procurement Award 2018 dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk kategori Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Teraktif dalam Pengiriman Pelaporan Kinerja Pengadaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement