PTPN III Targetkan Produksi 2,3 Juta Ton Minyak Sawit

Michael Reily
22 Februari 2019, 13:22
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya di Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau.

PT Perkebunan Nusantara III (PTPN) selaku holding BUMN perkebunan menargetkan produksi 2,3 juta ton minyak kelapa sawit mentah (CPO) tahun ini. Adapun 1,2 juta ton di antaranya akan digunakan untuk mendukung program biodiesel dengan campuran minyak nabati 20% (B20).

Direktur Utama PTPN III Dolly Pulungan menyatakan perusahaan berkomitmen untuk memaksimalkan program B20 untuk ketahanan energi. “Langkah ini dilakukan dengan memaksimalkan sinergi dengan BUMN bidang energi,” kata Dolly dalam keterangan resmi, Jumat (22/2).

Advertisement

Dia menjelaskan, PTPN bakal bekerja sama dengan Pertamina untuk penyediaan bahan baku CPO sebanyak 1,2 juta ton untuk program B20. Sianya sebesar 1,1 juta ton akan diekspor untuk menambah devisa negara.

(Baca: PTPN X Siapkan Rp 179 Miliar Bantu Kredit Petani Tebu )

Selain CPO, Dolly menyebutkan perusahaan juga berfokus pada pengembangan karet, gula, teh, kopi, dan kakao. Nantinya, hilirisasi industri berbahan baku komoditas strategis bakal terus didorong agar berkontribusi terhadap perekonomian negara.

Untuk jangka panjang,  PTPN menargetkan bisa berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp 80 triliun pada 2022. Proses transformasi ke sektor hilir, perseroan akan memanfaatkan penerapan teknologi, pengembangan riset, serta inovasi industri 4.0.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement