Jasa Marga hingga China Harbour Bersaing Garap Tol Semarang-Demak

Hari Widowati
26 Februari 2019, 09:28
Tol Trans Jawa
Kementerian PUPR
Ilustrasi jalan tol. Empat calon investor bersaing untuk menggarap tol Semarang-Demak sepanjang 27 km dengan nilai investasi Rp 15,3 triliun.

Empat calon investor lolos seleksi pra-kualifikasi pembangunan proyek tol Semarang-Demak sepanjang 27 kilometer. Keempat calon investor tersebut adalah konsorsium yang dipimpin PT Jasa Marga Tbk, konsorsium PT PP Tbk, PT China Harbour Indonesia, dan Sinohydro Corporation Limited.

Konsorsium yang dipimpin Jasa Marga beranggotakan PT Waskita Toll Road, PT Adhi Karya Tbk, dan PT Brantas Abipraya. Adapun PP menggandeng PT Wijaya Karya Tbk dan PT Misi Mulia Metrical.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, keempat calon investor itu selanjutnya akan memasukkan penawaran. Nilai investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol tersebut diperkirakan mencapai Rp 15,3 triliun.

"Jika semua berjalan sesuai rencana lelang, proses penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) bisa dilakukan awal Mei 2019," kata Danang dalam siaran pers, di Jakarta, Selasa (26/2).

Tol Semarang-Demak akan menjadi solusi untuk mengatasi banjir rob yang kerap terjadi di Kota Lama Semarang dan menggenangi jalan nasional sehingga menimbulkan kemacetan dan mengganggu perekonomian di sekitar wilayah Genuk, Kaligawe dan kawasan industri di sekitarnya. "Harapannya, pembangunan tol ini sekaligus merevitalisasi kawasan industri di sana," kata Danang.

(Baca: Waskita Karya Teken Kontrak Proyek Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...