Curhat Pemain Timnas U-22 kepada Jokowi, Ingin Kuliah hingga Jadi ASN

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Hari Widowati

28/2/2019, 13.52 WIB

Pemain Timnas U-22 berharap bisa mendapatkan rekomendasi Presiden Jokowi untuk melanjutkan kuliah hingga mendaftar menjadi PNS.

Presiden Joko Widodo berfoto bersama Timnas U-22
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo berfoto dengan pemain Timnas U-22 Indonesia serta ofisial di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2/2019). Presiden berharap Timnas U-22 meningkatkan prestasi selanjutnya dengan menjuarai AFC dan Sea Games 2019.

Para pemain Timnas Indonesia U-22 mengungkapkan uneg-unegnya ketika bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/2). Ada anggota Timnas yang ingin melanjutkan kuliah, ada juga yang ingin menjadi Aparat Sipil Negara (ASN).

Pemain penyerang Osvaldo Ardilles mengungkapkan harapan rekan-rekan kesebelasannya yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tentara, dan polisi. Dia juga berharap agar Presiden Jokowi memberikan rekomendasi agar ia dapat melanjutkan kuliahnya.

"Kalau dari saya ingin kuliah. Mungkin ada rekomendasi, Pak, karena saya sudah meninggalkan kuliah lama sekali," kata Osvaldo.

Jokowi tampak tertawa mendengar permintaan tersebut. Dia pun berkelakar atas aspirasi yang disampaikan Osvaldo. "Ini menggunakan kesempatan namanya," ujar Jokowi.

Kapten Timnas Indonesia U-22 Bagas Adi Nugroho menyampaikan hal serupa. Menurut Bagas, banyak dari teman-temannya yang ingin menjadi PNS, polisi, dan tentara.

Bagas pun menyebut ada rekannya di Timnas Indonesia U-22 yang saat ini berprofesi sebagai tentara dan polisi. Dia berharap Jokowi dapat membantu mereka untuk naik pangkat.

"Dari teman saya, mereka ada yang anggota polisi. Diangkat naik pangkat, Pak. Mungkin untuk TNI juga. Mohon kejelasannya, Pak," kata Bagas.

Jokowi lagi-lagi semringah mendengar aspirasi dari Bagas. Kepala Negara lantas berjanji untuk bisa membantu keinginan mereka. "Saya urus nanti yang TNI dan polisi," kata Jokowi.

Kesempatan selanjutnya digunakan oleh pemain penyerang Marinus Wanewar menyampaikan aspirasinya. Awalnya, Marinus menyampaikan bahwa ia berasal dari Sarmi, Papua.

Marinus lalu menceritakan tentang akses transportasi di tanah kelahirannya yang masih jauh dari memadai. Menurutnya, masih banyak jalan di Sarmi yang jelek. "Pembangunannya belum bagus. Mudah-mudahan saja bisa lebih bagus," kata Marinus.

Mendengar penuturan Marinus, Jokowi lalu mengatakan bahwa ia tadi meminta Marinus bercerita tentang sepak bola. "Bukan urusan sepak bola, tapi urusan jalan (yang diceritakan)," seloroh Jokowi.

(Baca: Jokowi Berikan Bonus Tambahan Rp 200 Juta kepada Pemain Timnas U-22)

Bonus Tambahan

Presiden berjanji memberikan bonus tambahan bagi para pemain Timnas Indonesia U-22 masing-masing sebesar Rp 200 juta. Bonus itu juga akan diberikan kepada para pelatih dan official Timnas Indonesia U-22.

Pemerintah sebelumnya juga berjanji akan memberikan bonus sebesar Rp 2,1 miliar kepada Timnas Indonesia U-22. Penyerahan bonus secara simbolis dilakukan ketika Timnas Indonesia U-22 tiba dan disambut di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (27/2) malam.

Jokowi mengaku bangga dengan prestasi Timnas Indonesia U-22 yang menjuarai Piala AFF U-22. Dia berharap prestasi ini dapat menjadi pijakan baru menuju kebangkitan sepak bola Indonesia.

Kepala Negara meminta prestasi ini dapat dipertahankan dengan menjuarai Piala AFC dan Sea Games 2019 yang akan datang. "Sehingga prestasi ini betul-betul menjadi sebuah arah baru generasi baru kebangkitan sepakbola Indonesia," kata Jokowi.

(Baca: Pertama Kali, Bali United dan Persija akan IPO di Bursa Tahun Ini)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha