Katadata Market Sentiment Index Prediksi Tren IHSG Maret 2019 Turun

Happy Fajrian
6 Maret 2019, 07:08
Bursa
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi

Katadata Market Sentiment Index (KMSI) memperkirakan IHSG pada Maret 2019 masih akan berada dalam kondisi menurun (bearish). Penyebabnya, masih tingginya tekanan dari pasar global serta perbaikan ekonomi nasional yang belum signifikan membuat tren bearish akan berlanjut hingga akhir Maret 2019.

Tren bearish pasar saham Indonesia telah berlangsung sejak Februari 2018. Sepanjang Februari 2019, terjadi penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) sebesar 1,37% menjadi 6.443,35 dari posisi penutupan Januari 2019 di level 6.532,97. Penutupan Februari 2019 juga 2,33% lebih rendah dibandingkan dengan penutupan Februari 2018.

Advertisement

Berdasarkan model yang dikembangkan Katadata Insight Center (KIC), probabilita pasar saham dalam kondisi naik (bullish) untuk Maret 2019 adalah nol. Belum membaiknya sebagian besar indikator makro ekonomi menyebabkan jatuhnya KMSI, yang sempat mencapai angka 2,33% pada Februari.

(Baca: Meski Investor Kian Optimistis, Bursa Saham Februari Diprediksi Bearis)

Kondisi bearish ini disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain perang dagang antara AS-Tiongkok masih menjadi faktor utama yang menghambat perubahan tren KMSI, serta pertumbuhan di sektor riil dalam negeri juga masih belum banyak peningkatan yang ditunjukkan oleh belum signifikannya pertumbuhan penjualan mobil, motor dan semen di Indonesia.

KMSI Maret 2019
KMSI Maret 2019 (Katadata Insight Center)


Investor masih terus menunggu progress dari negosiasi antara AS-Tiongkok, setelah pemerintah AS menunda kenaikan tarif untuk barang-barang dari Tiongkok sebagai upaya untuk mendorong tercapainya kesepakatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement